Selasa, 29 Januari 2013

Seni Grafis MULTIMEDIA

Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk titik dan garis, bentuk (form), tekstur, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), keseragaman, , komunikatif, proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Pengertian Estetika
Estetika berasal dari bahasa Yunani, aio9nxiKq, dibaca aisthetike. Kali pertama digunakan oleh filsuf Alexander Gottlieb Baumgarten pada 1735 untuk pengertian ilmu tentang hal yang bisa dirasakan lewat perasaan.

Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi.

Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.

Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.
Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah


Mengapa mengenal estetika????
®  Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga
dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri ®  Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu
begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain
itu mesti dipelajari
®  Ketiga, mungkin dikira bahwa pengalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan
pengujian dan penelitian mengenai kualitaskualitas karya seni dan desain itu Estetika merupakan pengetahuan yang mempelajari dan memahami melalui pengamatan hal ikhwal keindahan baik pada obyek maupun subyek atau pencipta dan pengamatan melalui proses kreatis dan fisolofis. Pada masa kini estetika bisa berarti tiga hal, yaitu:
1.        Studi mengenai fenomena estetis
2.        Studi mengenai fenomena persepsi
3.        Studi mengenai seni sebagai hasil pengalaman estetis

Estetika dalam Industri Grafis Komunikasi
Penggabungan estetika dengan teknologi dalam industri grafis komunikasi merupakan suatu yang kompleks dan mengarah pada perkembangan penggayaan tertentu berdasarkan kebutuhan praktis. ®  Pemasaran
bagian pemasaran adalah mengumpulkan data tentang selera pasar yang layak jual ®   Keuangan
menentukan anggaran produksi ®  Produksi
merencanakan efektifitas dan efisiensi produk ®   Teknisi
memacu produksi dan merekayasa teknologi agar dapat memproduksi lebih cepat dengan biaya lebih ringan Gagasan dalam Rekayasa Estetik Grafis Komunikasi
Rekayasa estetik dalam grafis komunikasi adalah teknik pengungkapan estetika terapan melalui proses belajar dan proses kreatif
"desain harus merupakan desain keseluruhan yang melihat pada proyek atau produk dan mencoba menganalisanya sepenuhnya." (John Wistrand)
 
Tema fungsi desain 1. Rasional
Media yang mengarah ke rasional yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat, akan memberikan tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita yang diinformasikan / dikomunikasikan.

2. Humor atau jenaka
Penampilan humor atau jenaka merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis komunikasi untuk memicu perhatian terhadap yang dikomunikasikan

3. Rasa takut
Rasa takut lebih efektif digunakan untuk memperbaiki motivasi Tujuan :
®  Mengindentifikasi konsekuensi negatif j ika menggunakan produk.
®  Mengidentifikasi konsekuensi negatif terhadap perilaku yang tidak aman, misalnya
minum-minuman keras, merokok, menilpon sambil nyetir mobil, merusak
lingkungan, dan sebagainya


4. Patriotik
Tampilan visual patriotik (hero) kadang dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita yang diinformasikan / dikomunikasikan.

5. Kesalahan
Tujuan media yang bersifat kesalahan ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/ membacanya bisa memperbaiki adegan/ berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan

6. Kaidah
Kaidah biasanya hubungannya dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adatistiadat, ras, dan agama (SARA). Unsur ini sangat riskhan dan harus berhati-hati, agar media grafis yang diciptakannya tidak terjadi kesalah pahaman di dalam masyarakat.

7. Simbol
®   Simbol adalah tanda yang mempunyai hubungan dengan obyek yang mempunyai
peraturan yang sifatnya umum. ®   Simbol merupakan jembatan menginterpetasikan (mengartikan) suatu obyek
kepada orang lain sesuai dengan pengalamannya

8. Pengandaian
®  Pengandaian merupakan harapan atau angan-angan ke depan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan sebuah impian yang seakanakan menjadi kenyataan


9. Emosional
®  Sebagian masyarakat tertarik pada berita yang
diinformasikan/ dikomunikasikan melaui pendekatan emosional dengan perasaan si penghayat yang mengesampingkan akribut dari lembaga yang menginformasikan
®  Teknik emosional lebih mengena dan membuat penasaran, khususnya masyarakat yang merasa lebih maju
Karakter Desainer
®   Mempunyai kecakapan teknis.
®   Mengerti akan sifat bahan
®   Mengerti akan kebutuhan orang banyak
®   Selalu ingin tahu
®   Ketajaman melihat
®   Inisiatif
®   Senang dan cakap
®   Kepercayaan
®   Kejujuran
®   Memperhatikan resiko dan mempertanggungjawabkan karyanya
®   Mengumpulkan data
®   Tekun dan mengerti maksud tujuannya.


Perencanaan desain
®  Syarat-syarat yang ditentukan dalam penyatuan (desainer, pemasaran, dan produksi)
®  Kecocokan adanya prinsip ilmu pengetahuan dengan teknik komputer dan mesin produksi
®  Sesuai dengan lingkungan (masyarakat setempat)
®  Kecocokan sifat desain dari satu bagian dengan bagian lain
®  Kemungkinan desain dan cara pemecahannya
Nirmana dalam Grafis
Nirmana dalam desain merupakan strategi atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penciptaan desain grafis agar menghasilkan karya yang mempunyai rasa estetik tinggi.
Nirmana merupakan ilmu dasar kedesainan yang mempelajari dasar-dasar desain mengenai warna, bidang, bentuk,ruang, dengan berbagai pendekatan kreatif eksperimen meliputi komposisi, irama, harmoni dan sebagainya.

Prinsip-prinsip Seni Grafis : 1. Kesatuan (unity)
®  Kesatuan merupakan suatu cara untuk menggabungkan dan menyatukan unsur-unsur visual yang ditata sesuai dengan konsep ide pencipta dalam desain menjadi bentuk media
grafis-                                                                                                                                                              
®   Antara unsur-unsur tersendiri yang kesemuanya akan membentuk wujud sarana informasi visual yang menjadi kesan satu kesatuan.
®  Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai












2. Keteraturan / keseimbangan

®
®
®

Keteraturan unsur-unsur visual yang ditata sehingga menjadi tertata dalam satu bentuk media grafis. Teraturnya tatanan unsur visual akan membuahkan kesan pandangan yang bulat dan optimal.
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah.
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.


3. Keragaman
®  Unsur-unsur yang ditata agar tampak lebih bermakna, tidak hambar, dan tidak membosankan. ®   Secara keseluruhan, obyek yang ditampilkan saling dukung dan saling ngait yang menguntungkan
4. Komunikatif
Segi komunikatif pada grafis komunikasi harus sangat diperhatikan. Bila karya kurang komunikatif, berarti karya tersebut tidak berhasil, atau sesuatu yang diinformasikan kepada kalayak / masyarakat (audience) tidak akan sampai.
Agar grafis komunikasi bisa sampai ke kalayak, maka harus memperhatikan segmen yang dibidik sebagai sasaran.

5. Proporsi (Perbandingan)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan - perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

Dengan mempelajari nirmana, seseorang diharapkan akan memiliki pengertian, dapat mengasah ketrampilan, dan mempertajam kepekaan terhadap segala sesuatu yang menyangkut dunia desain. Bahkan tipografi juga akan dikembangkan dari nirmana. Oleh karena itu, nirmana wajib dipelajari dengan melakukan banyak latihan secara continyu untuk dapat menghayati seni rupa dan seni desain dengan baik. Bahkan mungkin di saat mempelajarinya akan terambah pula pula cabang seni yang lain. Di dalam nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain melalui tahap-tahap yang sangat mendasar. Desain dikembangkan dari seni rupa. Sehingga yang dipelajari pada awalnya akan menyerupai.

5 Unsur seni sangat penting dalam pembentukan komposisi estetis secara tepat. 5 Unsur seni tersebut adalah : 1. Garis (Line)
Garis adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memanjang dan memiliki dua buah ujung. Garis tidak seperti yang dilihat mata atau penglihatan. Pada dasarnya garis adalah ilusi optic, yang tercipta karena perbedaanwarna, jarak, dan cahaya. Garis dalam desain grafis dibagi menjadi :
a.     vertikal,
b.     horisontal,
c.     diagonal,
d.     Kurva
e.
a. Garis Lurus (horizontal)
Garis lurus atau garis horizontal memberi kesan sugesti kesenangan atau sesuatu yang bergerak



b. Garis Tegak Lurus (Vertikal)
Garis vertikal atau garis tegak lurus memberi kesan stabilitas, kekuatan dan kemegahan.

c. Garis miring (diagonal)
d. Garis melengkung (kurva)
Garis kurva atau garis melengkung memberi kesan kehalusan dan keanggunan.


Garis diagonal atau garis miring memberi kesan sesuatu yang bergerak, dinamis, keadaan yang tidak stabil.

Macam-macam garis
Garis mempunyai beberapa macam gaya atau style, antara lain : a. Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda penuh.


b. Garis dot, yaitu garis terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang.


c. Garis-garis dash yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang.


d. Garis-garis dash dot yaitu garis-garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot.


e. Garis Kaligrafi yaitu garis yang berbentuk kuas kaligrafi.
f. Garis Artistik yaitu garis yang tersusun secara khusus dan tidak terikat pada konversi yang berlaku sehingga
mengesankan citra artistik.

Fungsi Garis
    Memisahkan posisi antara elemen grafis yang memiliki fungsi yang berlainan.
    Memisahkan rubrik atau penunjuk bagian tertentu yang menjadi penjelasan berita


2. Bentuk
Bentuk merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh perbedaan dalam pencahayaan, gelap terang, arsiran atau disebabkan adanya tekstur tertentu.
Macam-macam bentuk :
Berdasarkan susunan yang mem-bentuk ruang dibedakan menjadi tiga macam, yaitu
1.        Karakter
2.        Simbol
3.        Bentuk


Fungsi Bentuk

Fungsi bentuk antara lain :
          Menghiasi
          Pelengkap
          Elemen dasar
Fungsi lain bentuk adalah :
          Logo
          Border

3. Ruang
Dalam dasar grafis, ruang kosong pun diperlukan. Ruang kosong digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan keberadaan persepsi kedalaman atau jarak sehingga seolah-olah terlihat oleh indera penglihatan mata, objek terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, kosong dan padat.

Fungsi Ruang
Ruang digunakan untuk lebih memudahkan sebagai elemen ruang bernafas bagi mata pembaca atau audiensi dalam mencerna desain.

4. Tekstur
Tekstur adalah elemen desain yang terlihat dan terasa seolah-olah ada rasa permukaan, yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik, seperti kusam, kasar, mengkilap, kontras, kayu dan bulu. Tekstur digunakan supaya desain lebih natural atau tampak alami.


5. Warna
Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Di samping itu warna memiliki dampak sugesti tersendiri di berbagai kebudayaan Dari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.









Text Box: Teori Warna

Pada dasarnya seluruh warna yang ada di dunia diturunkan menjadi tiga warna dasar, atau biasa disebut warna primer. Dari warna primer ini dapat diperoleh kelompok warna lain, yaitu warna sekunder dan tersier


Text Box: Berikut macam-macam warna dari cara pembentukannya : 1. Warna Primer
Adalah warna yang menjadi dasar dari semua warna yang ada. Dengan mencampur dua di antara tiga warna primer akan diperoleh warna yang lain, atau yang disebut dengan warna sekunder.


Text Box: 2. Warna Sekunder
Adalah warna gabungan dari dua warna primer. Warna merah bila dicampur dengan warna kuning akan menghasilkan warna oranye, kuning dengan biru menghasilkan warna hijau dan biru dengan merah menghasilkan warna ungu.


Text Box: 3. Warna Tersier
Adalah warna yang diperoleh dari perpaduan antara warna primer dan sekunder.
• Warna satu adalah perpaduan antara merah dan oranye,
• warna dua gabungan kuning dengan orange,
• warna tiga dari kuning dengan hijau,
• warna empat dari biru dan hijau,
• warna lima dari biru dan ungu,
• warna enam dan ungu dan merah.

Hue
Salah satu karakter warna adalah warna hue. Singkatnya, hue adalah nama dari warna. Hue adalah nama warna yang untuk merah, hijau, biru laut, oranye, ungu, lavender, b iru kehijau-hijauan. Hue adalah beberapa warna absolut dari pelangi


Text Box: Saturation
Saturation adalah ukuran warna yang sangat murni dan cemerlang. Di proses warna subtractive, seperti CYMK, terlebih bila di mencampur warna kurang murni, akan diperoleh warna saturation, karena warna kelihatan pudar

Shade
Term value dan brightness merujuk pada cahaya atau kualitas kegelapan warna. Warna gelap (shades) adalah value yang rendah.


Tint
Term value dan brightness merujuk pada cahaya dan kualitas kegelapan warna. Cahaya warna (tints) adalah nilai tertinggi.

Kombinasi Warna Beberapa Kombinasi Warna : 1. Warna Akromatik
Akromatik adalah warna kombinasi antara gelap dan terang. Kombinasi warna ini banyak dipakai untuk surat kabar atau fotografi. Biasanya warna ini disebut grayscale.



2. Warna Monokrom
Adalah salah satu warna gelap yang dipadukan dengan gelap dan terang. Disebut monokrom karena hanya satu warna yang dipilih. Kombinasi warna ini sangat sederhana, tidak terlalu banyak risiko gagal dalam kombinasi sehingga mudah diterima mata. Namun demikian kombinasi ini cenderung membosankan dan mudah ditinggalkan

3. Warna Warm-Cool Adalah warna yang menggambarkan kehidupan di alam. Warna ini tampak tebal dan energik. Warna worm bersandar kepada   ruang.   Warna   ini   seringkah   digunakan  untuk menggambarkan kesan alam.

4. Warna Analog
Warna artistik yang harmonis kombinasi dari campuran bersama, warna hue yang bersebelahan, sehingga cenderung lebih harmonis dan hidup. Kombinasi ini lebih berani dan mudah diterima mata. Namun warna ini kurang hidup, kurang cerah dan tidak kontras. Contoh warna analog padang pasir Arizona.



5. Warna Komplementer
berlawanan satu dengan yang lain dari color wheel, yang
Warna Komplementer adalah warna yang dikombinasikan dengan gelap dan terang.

Warna ini kontras tetapi berbeda intensitas antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu warna komplementer membutuhkan perhatian bila digunakan.
Jika tidak berhasil mengga-bungkannya maka warna terlihat tidak matching.

6. Warna Triadik
Warna Triadik adalah warna dengan energi tinggi yang diperoleh menggunakan tiga warna pilihan yang tersebar di 120 derajat pada color wheel. Warna primer dan sekunder adalah contoh warna triadic.


7. Warna di Komputer
Di dunia komputer ada banyak sistem warna, antara lain RGB (Red-Green-Blue), CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black), LAB Color (lightness A (Green-red axis) B(blueyellow axis)), HLS (Hue-Lightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.


Berdasarkan   fung-sinya,   aplikasi   warna   di   layar   komputer dibedakan menjadi dua, yaitu : 1. warna additive
Warna additive digunakan untuk desain tampilan di layar monitor, tidak untuk kebutuhan cetak. Di antara sistem warna additive adalah RGB, LAB Color dan HLS. Desain yang menggunakan model warna additive, misalnya game, wallpaper, web dan video.
2. warna subtractive.
Warna ini merupakan perpaduan beberapa warna primer. Warna subtractive digunakan untuk kebutuhan cetak. Sistem warna yang digunakan adalah CMYK. Sistem warna ini berasal dari tiga warna primer dan perpaduan ketiganya menghasilkan warna hitam.

Psikologi Warna
1. Biru
Warna ini merepresentasikan kedamaian, tenang, reda, stabil, harmoni, kesatuan, kebenaran, kepercayaan, konservatif, keamanan, kebersihan, tata tertib, loyalitas, langit, air, dingin, teknologi dan depresi. Biru dapat "memberi perasaan damai, suhu tubuh rendah dan mengurangi hasrat". Biru mengingatkan pada warna bisnis karena biru me-refleksikan kepercayaan. Biru juga sering mengingatkan kepada warna ke-amanan global.

2. Hitam
Hitam adalah absensnya cahaya.
Warna hitam merepresentasikan kekuatan, seksualitas, pengalaman duniawi, formalitas, elegan, kesejahteraan, misteri, ketakutan, kejahatan, anominitas, tidak bahagia, dalam, gaya, keburukan, penyesalan yang mendalam, marah, underground, teknik warna yang baik, berduka cita dan kematian.


3. Hijau
Hijau adalah warna yang sering disebut warna favorit.
Hijau merepresentasikan alam, lingkungan, kesehatan, keberuntungan, pembaharuan, kemudaan, kekuatan, musim semi, kemurahan hati, kesuburan, kecemburuan, kurang pengalaman, iri dan kemalangan.
"Hijau adalah kualitas kesejukan yang menyejukkan, menenangkan dan menjadi kekuatan yang menyembuhkan." Warna hijau sering dipakai dalam ruang bedah oleh dokter.

4. Oranye
Oranye adalah kombinasi dari warna hijau dan merah, mengingatkan pada warna merah, tapi tidak terlalu luas. Oranye mengekspresikan energi.
Ini adalah kualitas cahaya dan digunakan untuk mendapat perhatian, seperti peringatan tanda.
Oranye mem-bawa ingatan pada labu dan halloween. Ini adalah simbol kese-imbangan, kehangatan, antu-siasme,
semangat, cemerlang dan tuntutan perhatian.

5. Ungu
Ungu merepresentasikan keluarga raja, spiritualitas, ningrat, perayaan, misteri, transformasi, kebijaksanaan, pencerahan, kebengisan, arogansi, duka cita.
Ungu mengingatkan pada sebuah warna yang eksotik. Warna ungu dibuat dari kelenjar getah dari siput.
Ini memerlukan ratusan siput untuk menghasilkan 1 gram zat pewarna. Itulah sebabnya warna ini hanya digunakan
untuk para bangsawan.
Sekarang warna ungu adalah warna trendy untuk usaha yang kreatif.

6. Merah
Merah adalah warna yang digunakan untuk menarik perhatian. Ini adalah warna warm dan warna yang energik dalam spektrum warna.
Di menggunakan warna merah untuk cinta, valentin, marah, hasrat, kecepatan, kebe-ranian, kekejaman, kemarahan, tanda keluar darurat, tanda berhenti, dan darah.
Warna merah menggambarkan perkelahian, tekanan darah, dan jantung yang berdetak kencang. Warna merah sebaiknya tidak dipilih untuk ruang psikiater, penjara atau rumah sakit.

7. Putih
Putih adalah apa yang di lihat ketika semua warna bersama-sama dalam suatu area dengan keseimbangan yang sempurna.
Putih menunjukkan makna penghormatan, kemurnian, kesederhanaan, kebersihan, damai, kerendahan hati, kecermatan, keadaan tidak berdosa, muda, burung, musim dingin, salju, kebajikan, steril dan perkawinan.

8. Kuning
Kuning menggambarkan kegembiraan, kebahagiaan, optimisme, idealisme, imajinasi, harapan, matahari tenggelam, musim panas, emas, filsafat, ketidakjujuran, pengecut, pengkhianatan, kecem-buruan, ketamakan, penipuan, kesadin, bahaya, spiritualitas dan inspirasi.
Persiapan Alat dan Bahan :
Perancangan nirmana dengan teknik manual biasa meng-gunakan alat dan bahan, seperti kertas, tinta, pena, kuas, pensil, cat warna, jangka, penggaris, pengha-pus, lem dan sebagianya.
Adapun perancangan nirmana dengan teknologi adalah menggunahan alat dan bahan, seperti Komputer (softwear Corel Draw, dan Photo-shop), printer, tinta, dan kertas .

Tidak ada komentar :

Posting Komentar